Rabu, 06 Juni 2012

Cara Merawat Bayi Baru Lahir


Kumpulan perawatan bayi dan cara merawat bayi dari lahir hingga balita - Artikel kali ini saya buat khusus bagi para ibu dan calon ibu untuk menambah informasi mengenai cara merawat bayi dari bayi yang baru lahir hingga menginjak balita. Bagi calon ibu yang belum tau gimana sich perawatan bayi yang benar bisa mengikuti cara merawat bayi di bawah ini.


Merawat bayi bukanlah sesuatu yang mudah dan bukan juga sesuatu yang sulit,  tetapi dibutuhkan keahlian khusus dalam melakukan perawatan, seperti kesabaran, ketelitian, dan kasih sayang. ^^ Buat sahabat Fabeluna yang sudah menjadi ibu saya ucapkan selamat dan silahkan menyimak perawatan bayi berikut ini sebagai bahan referensi.

 Mengangkat bayi:

* Berdiri menghadap ke arahnya, susupkan satu tangan ke bawah kepala dan lehernya, dan tangan lain ke pantat.
* Angkat perlahan dan lembut kearah dada, putar kepalanya kearah lekukan siku, lalu sangga tubuhnya dengan lengan Ibu.
* Saat meletakkannya, pegang kepala dan pantatnya. Tarik terlebih dahulu tangan dari pantat, kemudian tarik tangan yg dibawah kepala. 


Memandikan bayi :


Sebelum memandikan bayi sebaiknya siapkanlah terlebih dahulu semua keperluan mandinya, seperti handuk, sabun mandi, pakaian bayi hingga kosmetik bayi.  Setelah itu siapkan air hangat (36 deraajat - 37 derajat celcius) atau terasa hagat di siku tangan ibu, da lepaskanlah baju bayi secara bertahap.


* Mandikanlah milai dri dareah wajah, kepala, ke dada, dan lainnya
* Bersihkanlah daerah mata dari luar ke dalam dengan menggukaa kapas yang telah dibasahi
* Basuhlah dari daerah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan perhatikanlah daerah lipatan.
* Gunakan shampo pada bagian kepala dan sabuni bagian badan bayi dengan mengunakan waslap yang sudah dibasahi denga air hangat.
* Setelah itu bilaslah dengan air higga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

Merawat Tali Pusar :

* Setelah mandi bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat  dengan kain kasa yang di basahi air, keringkan dan bungkus kembali dengan tali kasa yang baru
* Daerah tali pusar harus tetap kering dan bersih, hindari menutup daerah tersebut dengan popok

Mengganti Popok :

* Gantilah popok bay setiap kali basah
* Bersihkanlah daerah bayi dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kecil atau tissu
* Setelah kering berikanlah pupur pada daerah lipatan paha dan belakang agar terhindar dari kulit lecet

Gimana sahabat Fabeluna mengenai perawatan bayi diatas ? Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat dan dapat segera dipraktekan di rumah yach.. Oi jika sahabat ingin menetahui manfaat minyak zaitun, garam, ataupun coklat dapat mengunjungi artikel saya yang lain. Terima kasih dan sampai berjumpa lagi.. ^^          







Tidak ada komentar:

Posting Komentar